Jumat, 09 November 2012

BERDIRINYA SINGASARI



Berdirinya Kerajaan Singhasari
 


Kerajaan singhasari (1222-1293) adalah salah satu kerajaan besar yang ada di nusantara. Kerajaan singhasari dibangun oleh rakyat biasa yaitu Ken Arok namanya.Dahulu ada Empu Gandring yang dapat membuat kris sakti untuk Ken Arok.Ken Arok meminta kris itu dikerjakan dalam waktu 20 hari, tetapi masih 19 hari berjalan Ken Arok tidak sabar menunggu pembuatan krisnya padahal rangkanya belum selesai.Empu Gandring tidak mengijinkan Ken Arok untuk membawa krisnya. Dan akhirnya membunuh Empu Gandring.Saat terbunuh Empu Gandring bersumpah memberi kutukan bahwa kris jika dikeluarkan dari rangkanya  akan selalu memakan korban dan akan selalu haus akan darah.
Kerajaan Singhasari didirikan oleh raja yaitu Ken Arok.Puncak kejaan singhasari terjadi ketika dipimpin oleh raja kertanegara yaitu pada tahun 1268-1292.
Pada awalnya raja yang bernama Ken Arok merebut kekuasaan dari tangan Tunggul Ametung. Tunggul Ametung dibunuh pada malam hari ketika sedang tidur dengan istrinya Ken Dedes.Tetapi sebelum membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok meminjamkan krisnya pada Kebo Ijo yang suka pamer dengan tujuan agar saat memakai kris untuk membunuh Tunggul Ametung Kebo Ijo yang disalahkan.karna warga ingat bahwa kris itu adalah punya Kebo Ijo yang pernah dipamerkannya.
Pada saat itu Ken Arok masuk ke kamar Tunggul Ametung dan dengan segera membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok pun langsung lari dan tidak sempat menarik kris yang ditusuk ke perut Tunggul Ametung .Ken Dedes pun menyaksikan kejadian itu dan pingsan tak tahan melihat suaminya meninggal..Awalnya Ken Arok adalah anak buah Tunggul Ametung namun ken Arok mencintai istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes yang cantik jelita, maka dibunuhlah Tunggul Ametung untuk melancarkan niatnya tersebut.saat dinikahi Ken Arok, Ken Dedes sudah punya anak dari Tunggul Ametung yaitu Anusapati. Sebenarnya Ken Dedes tidak ingin menikah dengan Ken Arok tetapi apa boleh buat karna ia telah dipaksa.Namun lama-kelamaan Ken Dedespun sudah mulai menerima Ken Arok sebagai suaminya sebab Ken Arok dapat meluluhkan hati Ken Dedes dan begitu juga dengan para kaula kerajaan yang telah disejahterakan hidupnya oleh Ken Arok dapat menerima Ken Arok sebagai raja mereka.
Ken Arok memerintah hanya 5 tahun yaitu tahun 1222-1227 M.Saat memerintah di wilayah Tumapel yaitu Kerajaan Singhasari ,terjadi pertentangan antara raja kertajaya dan kaum brahmana.dan kaum brahmana melarikan diri ke Tumapel dan dilindungi oleh Ken Arok.Para pendeta Hindu ini menobatkan Ken Arok sebagai raja yang menguasai Tumapel. Ini menyebabkan raja kertajaya mengamuk dan tidak terima atas semuanya.Pada akhirnya Ken Arok bekerjasama dengan kaum Brahmana untuk melawan raja Kediri yaitu Kertajaya.dalam peperangan di desa Ganter ini Ken Arok menang dan wilayah Kediri menjadi daerah kekuasaan Singhasari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar