Jumat, 09 November 2012

ILMU SOSIAL

-->
Disiplin lmu Sosial
Imu sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan masyarakat. Dan juga merupakan sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.  
Dari perkembangan ilmu sosial, timbul paham study sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial (IPS). IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi dll.
Dalam disiplin ilmu sosial kita mengetahui tentang Ilmu Sosial Dasar (ISD). ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD juga memberikan atau mengajarkan kepada kita dasar-dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji masalah sosial.
Latar belakang ISD diterapkan di Perguruan Tinggi adalah karna Perguruan Tinggi dianggap seolah-olah tidak peka terhadap lingkungan serta perkembangan dalam masyarakat. Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi diharapkan mempunyai tiga kemampuan yaitu :
v  Personal
v  Akademis
v  Profesional
Berkut penjelasan masing-masing kemampuan tersebut:
1.      Kemampuan Personal
Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memehami nilai agama, masyarakat pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah.
2.      Kemampuan Akademis
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Dan yang utama memiliki kemampuan untuk mengidentifikasikan dan merumuskan masalah-masalah yang dihadapi.
3.      Kemampuan Profesional
Kemampuan dalam bidang tenaga ahli yang bersangkutan, yang mana dituntut untuk memiliki keterampilan di dalam profesinya masing-masing.
TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR
        Untuk membentuk perkembangan pola pikir mahasiswa dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang luas dari ciri kepribadian yang diharapkan pada setiap golongan terpelajar.
        Ilmu sosial dalam pengajarannya menggunakan metode ilmiah untuk mempelajari tentang manusia dan lingkungannya.dilihat dari aspeknya ilmu sosial menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dimana dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu serta tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
      Dari perkembangan ilmu sosial timbul paham study sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi dll.pendekatan interdisiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhi telah membuat banyak para peneliti tertarik pada aspek ilmu sosial. Metode kuantitatif ini sifatnya berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial di indonesia. Yang mana pelajaran IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan untuk SMP. Sedangkan untuk tingkat diatasnya, mulai dari SMA dan Perguruan Tinggi,ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar